Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 22 Januari 2013

PERGURUAN ATAU ALIRAN

assalamu alaikum wr.wb

Mendengar judul perguruan atau aliran membuat gw merinding sendiri... tapi menurut gw ini sangatlah  penting bagi qt generasi islam dimana sekarang banyak terlahir ajaran-ajaran yang perlu di pertanyakan kebenarannya.
Salah satu ajaran yang ingin gw bahas kali ini dimana ajaran ini sudah merasuk kesebagian keluarga tercintaku... namun kebenaran dari ajaran ini belum meyakinkanku sebagai ajaran yang betul-betul berpegang kepada al-quran dan al-hadist. seminggu yang lalu sebelum gw posting ini di blog Generasi biru, salah satu keluarga gw mengajak gw untuk bergabung bersama dia yang dia sebutnya perguruan bukan aliran. gw sich sempat berminat dengan ajakan itu. namun, setelah ia menjelaskan tentang satu persatu kehebatan dari yang disebutnya perguruan ini maka, aku mengurungkan niatku dengan alasan timbulnya beberapa pertanyaan dalam benak gw.

pertanyaan-pertanyaan itu di antaranya :


  1. jika ia menyebutnya perguruan, atau seni bela diri kenapa ia harus mencampur adukkan dengan ajaran agama ???
  2. jika dalam menuntut sebuah ilmu duniawi seperti : sekolah di perguruan tinggi atau belajar privat menggunakan biaya pembayaran saat wisuda atau pengambilan sertifikat privat maka ini dalam logika mampu di maklumi dengan alasan owner perguruan atau guru privat adalah pengusaha. tapi jika nuntut ilmu agama juga harus menggunakan biaya saat wisuda ( entah istilah dalam perguruan itu saat selesai belajar di sebut apa ) ini tidak lah masuk akal. karna Rosulullah sebelumya tidak mernah mendapat gaji atau bayaran terhadap ilmu atau ajaran yang ia ajarkan kepada kaumnya.jadi yang menjadi pertanyaan gw adalah apakah mahar itu dan untuk apa mahar itu di perguruan itu??? karna gw hanya dengar mahar pada saat pesta pernikahan aja kawand.
  3. lahirnya perguruan ini di dasari oleh apa??? karna gw gk pernah mendengar 
  4. perguruan ini di zaman Nabi bahkan sampai ke khalifah atau imam-imam yang menjadi panutan kita untuk belajar.
  5. jika guru besar perguruan itu adalah orang yang memiliki pendapatan besar ( gw denger dari teman klo guru besar perguruan ini memiliki pendapatan besar dari pekerjaannya) kenapa ia tidak mendirikan aja sebuah pesantren untuk belajar ilmu agama
  6. jika ini hanya sekedar perguruan bela diri maka pastikan ilmu yang anda ajarkan adalah ilmu yang tidak berhubungan dengan Roh atau tindakan-tindakan memodifikasi ajaran islam sebelumnya.

masih banyak pertanyaan yang belum gw sebutin. di antaranya gw denger dari anggota perguruan ini tentang pengenalan terhadap Tuhan YME dan kitabnya dan ada beberapa pertanyaan gw yang menyangkut ajaran  ini yang menyebutkan beberapa ajaran yang sudah tidak semestinya ia campuri. sebagai mana firman ALLAH SWT : Dan mereka bertanya kepadamu Muhammad tentang ruh. Katakanlah, Ruh adalah urusan Tuhan-Ku, kamu tidak diberi ilmu kecuali sedikit. -QS Al Isra’ 17: 85- []

gw yakin diantara yang membaca blog gw ada yang merasa klo ia adalah salah satu anggota dari perguruan tersebut. jika anda yakini perguruan tersebut benar silahkan comment dan jawab pertanyaan gw. di email : generasibiru707@gmail.com

karna gw juga sebagai manusia yang hidup di dunia yang di beri rizki dan menjadi sebuah kewajiban bagi gw untuk mencari rezki itu. dan yakinlah gw gak sebaik kalian dan sepintar kalian gw hanya ingin langkah yang jelas dan benar

wassalam


6 komentar:

  1. sy mau tax??? bgmn? cara anda percaya sama Tuhan sedangkan anda tdk mengenalnya.. pepatah bilang tak kenal maka tak sayang.!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamu alaikum wr.wb.

      tanda-tanda kecil kiamat adalah saat manusia tak saling memberi salam lagi.
      trus gw mw bilang buat saudara gw udin. anda menempatkan pertanyaan pada posisi yang salah. harusnya saudara udin membaca dlu blog generasi biru yg berjudul Mencari Tuhan part II. gw yakin saudara udin bisa memahami jika belum. saudara udin bisa lanjut comment disini atau twitter, facebook atau diskusi di forum generasi biru.

      wassalam

      Hapus
    2. Anda berani bicara disini apakah anda punya cukup ilmu utk mempertanggung jawabkannya ??? Ha...ha...yg spt anda ini banyak sekali ditemukan kok....cuma sygnya baru cuma ngerasa berimana atau sekedar bertuhankan bayangan dah mulai ribut....tuhannya mungiin lagi duduk bersemayam diatas langit kali...ha...ha...

      Hapus
  2. assalamu alaikum wr.wb.

    mo nimbrung ya,,, beberapa perguruan yang berbasis pd agama islam awalnya emang sbg sarana dakwah pada jaman dahulu, krn mungkin salah satunya dulu sekolah gak sebanyak spt saat ini. tp emang kebayakan byk yg melenceng krn yg di pelajari kebatinan bukan ilmu batin yg berdasar pada quran dan hadist, kebanyakan hny dr omongan si guru yg mungkin si murid blm memahami, mungkin sebaiknya anda jangan menganggap bahwa perguruan itu sesat sebelum anda bener2 bertanya pd guru di perguruannya itu...

    wassalam

    BalasHapus
  3. Generasi biru, yang selamat itu jalan islam bukan SALAFI ......!!!

    BalasHapus
  4. assalamualaikum,,saya mau menyanggah tentang cara anda mengenal tuhan,td anda katakan "tanda-tanda kecil kiamat adalah saat manusia tak saling memberi salam lagi.",menurut saya mungkin cara ini benar,tapi ini mengenal secara logika,mungkin anda baru tau secara hakikatnya saja,belum sampai pada ma'rifatnya,,tuhan pada diri anda saja tidak anda ketahui dan anda sudah berani membuat tulisan seperti ini..maaf sebelum nya..wassalam.

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About